Nilai Dosen Random



Saat ini sedang liburan semester untuk yang kuliah. Pasti senang dong yang namanya libur. Untuk sementara waktu refreshing otak, sejenak melepaskan diri untuk dunia kampus. Tapi tentu saja ada satu hal yang buat kita tidak tenang selama liburan.  Apalagi kalau bukan nilai. Nilai. Nilai. Satu kali lagi pembaca. Nilai.

Ketika mau cek nilai itu rasanya deg-degan, lebih deg-degan daripada akan ketemu sama orang yang kita sukai (kata temanku sih) dan menakutkan, lebih menakutkan daripada menonton film horror (kata temanku juga). Dan kalau yang keluar nilainya jelek tidak sesuai dengan harapan rasanya sakit lebih sakit daripada diputusin cinta (masih kata temanku).

Minggu lalu pas malamnya saya mengecek nilai di website kampus, dan hasilnya oh my god !! IP saya untuk semester 1 dan 2 menurut saya sangat memuaskan dan saya rasa sebanding dengan hasil belajar saya. Tapi nilai semester 3 ini…
Balik lagi ke kejadian malam itu dimana saya terpaku menatap layar laptop (dramatis banget…). Tiba – tiba bunyi notify group bbm teman2 kelas. Pembahasannya tidak jauh dari nilai. Ada yang tidak nyangka dapat nilai sempurna, ada yang tidak terima sama nilainya, ada yang biasa-biasa saja.
  
Saya sampai sekarang tidak percaya sama kata-kata “orang pintar kalah sama orang bejo”. Karena ada satu temanku yang santai sekali di kampus tetapi dia dapat nilai sempurna sementara teman-teman yang lain rame-ramenya dapat nilai yang ehmm… kurang, yah begitulah…
Saya menenangkan diri sejenak, lalu saya menonton video MTGW, seolah menjawab pertanyaan saya, kata-kata super dari pak Mario ini :
"Orang bodoh dikalahkan oleh orang pandai
  Orang pandai dikalahkan oleh orang cerdik

  Orang cerdik dikalahkan oleh orang licik
  Orang licik dikalahkan oleh orang berani

  Orang berani dikalahkan oleh orang nekad
  Orang nekad dikalahkan oleh orang gila

  Dan semua orang itu dikalahkan oleh orang beruntung, karena orang beruntung itu di –  beruntungkan oleh Tuhan, karena kedekatan dengan-Nya."



Ketika saya nonton anime, ada satu lagi nih…

nah..super sekali Midorima Shintarou... ^_^  #applause...


Masalah penilaian dari dosen memang kadang-kadang random. Entah bagaimana tiba-tiba dapat A, B, C atau nilai yang paling menakutkan yaitu nilai sisir / nilai E. Dosen yang memegang kuasa penuh atas penilaian mahasiswa. Tergantung dari cara penilaiannya yang berdasarkan tugas, kehadiran, nilai MID dan Final. Saya dengar sendiri dari dosen yang penilaiannya berdasarkan nilai MID dan Final, serajin apapun kita datang ke perkuliahannya, sesering apapun kita kumpul tugas, dan sebenar apapun kita menjawab kuis, tetap saja kalau nilai MID sama Final buruk pasti dapat nilai E  (T__T) #hiks..

Dan ada juga nih saya dengar dari dosen yang penilaiannya (random) bedasarkan nama-nama yang menurutnya bagus, tebak-tebakan, kertas yang dikocok-kocok layaknya ibu-ibu arisan, atau penilaiannya dosen percayakan sama ketua tingkat, jadi ketinya yang lebih kenal sama teman-temannya bebas tentukan nilai teman kelasnya  (T^T) #hiks dan miris pembaca….

Jika kita dapat nilai yang buruk bisa kita tanyakan ke dosen asal muasal nilai tersebut karena kita tidak bisa dengan sukacita menerima nilai buruk itu dan tidak tanpa banyak komentar. Tetapi setelah menghadap dosen dan nilai kita sudah tidak bisa diubah, sabar saja. Kecewa memang, karena sifat alamiah manusia memang seperti itu. Ingat yah, jangan cari masalah sama dosen!

Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan dosen pemirsa sekalian. Ayo ambil sisi postifnya. Kita maklumi saja dosen yang beri nilai random, mungkin mereka sangat sibuk sehingga tidak sempat memeriksa satu per satu lembar tugas dan ujian kita. Kita jadikan sebagai tamparan keras agar lebih berusaha lagi. Masih ada semester depan untuk memperbaiki nilai, lalu berdoa dan beribadah. Saya percaya yang baik akan kembali menjadi hal baik dan yang buruk akan kembali menjadi yang buruk juga. Itu…






Komentar

  1. Anda Pemain Poker??
    Tak Perlu Ragu Lagi Hanya di Agen Poker WWW.IDOLAPOKER.COM
    Kartu Bagus , Menang Terus , Untung Terus
    Persentase kemenangan lbh tinggi
    Segera Daftar Dan Mainkan !! Rasakan Permainan Player vs Player
    6 Games Dalam 1 Website seperti

    Poker Online

    Bandar Q

    Bandar Poker

    Capsa

    Adu QQ

    Domino99

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perilaku Kelompok dan Interpersonal

Jurnal Khusus